Home » , » Komodo, Kadal Terbesar di Dunia

Komodo, Kadal Terbesar di Dunia

Written By Grendong Grandong on Jumat, 21 Juni 2013 | 02.46

Komodo, Kadal Terbesar di Dunia - Komodo (Varanus komodoensis) merupakan seekor kadal besar yang hanya dapat ditemui di Pulau Komodo, Rinca, Flores, Gili Motang, dan Gili Dasami di Nusa Tenggara, Indonesia. Orang-orang setempat menyebut kadal terbesar didunia ini dengan nama Ora. Panjang tubuh komodo berkisar antara 2  hingga 3 meter, dan beratnya sekitar 70 kg. Komodo liar terbesar yang pernah ditemui memiliki berat 166 kg dengan panjang 3,13 m. Menurut teori, tubuh kadal ini bisa sebesar itu karena terjadi proses gigantisme pulau, yaitu membesarkan tubuh hewan tertentu akibat dari pulau tempat tingalnya yang kecil, serta tidak adanya predator lain. Dan memang, komodo adalah puncak rantai makanan di Pulau Komodo. Komodo mampu melihat hingga jarak 300 m di siang hari, tetapi sangat buruk di malam hari.

Hanya Komodo Kadal Terbesar di Dunia Saat ini

Hewan langka ini memang memiliki lubang telinga, tetapi sebenarnya komodo tidak memiliki indera pendengaran. Sebagai gantinya, komodo menggunakan lidahnya untuk mendeteksi rasa, dan untuk navigasi. Lidahnya ini dapat mendeteksi adanya bangkai sejauh 4 hingga 9,5 km.

Kadal raksasa ini menyukai tempat yang panas dan kering, serta aktif di siang hari. Meskipun demikian, terkadang dapat ditemui juga beberapa komodo yang aktif juga di malam hari. Komodo merupakan hewan yang senang menyendiri. Mereka dapat ditemui tengah bersama-sama hanya pada saat berkembangbiak dan pada saat makan saja.

Komodo dapat berlari hingga kecepatan 20 km/jam, punya kemampuan berenang yang baik, dan mampu menyelam hingga kedalaman 4,5 m. Selain itu, komodo juga dapat memanjat pohon. Baru - baru ini juga ditemukan fakta bahwa komodo memiliki bisa tingkat menengah.

 Itulah yang menyebabkan mangsa yang sudah digigitnya semakin lemas, bukan karena bakteri yang banyak terdapat di mulutnya seperti yang dulu diberitakan. Lengkap sudah senjata predator ini. Komodo berburu dengan cara menggigit mangsanya dan membiarkannya mati secara perlahan. Setelah itu dia akan melacak keberadaan mangsanya yang sudah tidak berdaya tersebut menggunakan penciumannya.

Komentar lewat Facebook
Share this article :

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Support : Game Gratis | Grendong Blog
Copyright © 2013. Ter-di Dunia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger