Home » , » Air Tertua di Dunia Berumur 1,5 Miliar Tahun

Air Tertua di Dunia Berumur 1,5 Miliar Tahun

Written By Grendong Grandong on Senin, 17 Juni 2013 | 03.15


Air Tertua di Dunia Berumur 1,5 Miliar Tahun - Air menutupi sekitar 70 persen permukaan Bumi. Ada di mana-mana. Meski demikian, benda cair yang ditemukan jauh di bawah permukaan tanah, yang di bor dari batuan di sebuah tambang di Amerika Utara, sungguh tidak biasa. Yang tertua yang pernah ditemukan!

Teknik penanggalan yang digunakan tim ahli dan Kanada dan Inggris menguak, cairan tersebut setidaknya berumur 1,5 miliar tahun.

Seperti dimuat BBC, Rabu 15 Mei 2013, air tersebut diperkirakan awalnya berada di permukaan. Kemudian terhisap tanah, terjebak di kedalaman 2,4 kilometer.

Penemuan di bawah tanah Timmins, Ontario, Kanada itu dilaporkan dalam jurnal Nature edisi minggu ini.
Meski jauh dari sumber cahaya, di mana mikroorganisme mungkin masih bisa bertahan hidup di dalam air -- cairan yang ditemukan itu memiliki susunan kimiawi yang tepat -- tak jauh beda dengan air biasa, kaya akan gas terlarut seperti hidrogen dan metana. Tim saat ini sedang menguji sampel untuk menentukan apakah ada organisme hidup di dalamnya.

"Ada air serupa di Afrika Selatan yang memiliki susunan kimiawi nyaris identik, usianya puluhan juta tahun, dan mengandung mikroba yang bisa beradaptasi pada lingkungan tersebut," jelas Prof Chris Ballentine dari Manchester University. Dan, "Ada sejumlah mikroba yang bisa bertahan pada interaksi energi air dengan batuan alam," kata dia.

Identifikasi positif akan berimplikasi menarik terkait pemahaman bagaimana kehidupan berevolusi di awal keberadaan Bumi. "an mungkin ia juga berada jauh di bawah permukaan planet lain, seperti halnya Mars," tambah Chris Ballentine.

Penanda Xenon
Air yang diangkat dari kedalaman bijih sulfida itu mengandung zinc (seng) dan tembaga. Air itu dikumpulkan para ahli setelah para penambang mengebor lubang eksplorasi baru. Suhu makin tinggi di kedalaman, hingga 40-50 derajat Celcius.

Digunakan tiga teknik penanggalan yang dilakukan untuk menentukan berapa lama air terjebak di batuan. Metode kunci melibatkan studi xenon atau isotop yang larut dalam cairan.
Gas mulia (noble gas) bisa digunakan untuk menandai waktu di mana cairan kali terakhir kontak dengan atmosfer di permukaan bumi.

Namun, pendekatan ini menghasilkan rentang usia yang luas. Jadi, yang terbaik yang bisa dikatakan tim adalah air Timmins telah berada di empatnya kini berada antara 1,5 miliar sampai 2,6 miliar tahun. Meski yang jadi patokan yang termuda, itu masih ratusan juta tahun lebih tua dari sampel yang diangkat dari kedalaman Witwatersrand Basin, Afrika Selatan.

Studi potensi unsur biologis air kuno itu, yang dilakukan Toronto University, akan mengarah pada isu kaitan kelayakhunian lingkungan yang amat dalam di Bawah permukaan bumi dengan kemungkinan adanya kehidupan di planet lain.

Mars, salah satunya, planet yang dingin dan kering di permukaannya. Namun, bukti menunjukkan, ia lebih hangat dan basah miliaran tahun lalu.

Meski tak ditemukan air di permukaannya yang kering kerontang, bukan tak mungkin air ada di kedalamannya.
"Ini mungkin spekulatif, di suatu tempat seperti Mars, air bisa merembes ke bawah tanah dan telah diawetkan selama rentang waktu planet." 
 
sumber

Komentar lewat Facebook
Share this article :

1 komentar:

  1. Assalamu alaikum wr wb,,senang sekali saya bisa menulis dan berbagi kepada teman2 melalui room ini, sebelumnya dulu saya adalah seorang pengusaha Butik, kini saya gulung tikar akibat di tipu teman sendiri, ditengah tagihan utang yg menumpuk, saya coba buka internet untuk cari lowongan kerja, dan secara tdk sengaja sy liat situs pesugihan AKI DIMAS PRAMONO, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi setelah saya lihat pembuktian video AKI DIMAS PRAMONO Di Website/situnya Saya pun langsug hubungi beliau dan Semua petunjuk AKI saya ikuti dan hanya 3 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah Ternyata benar benar terbukti dan 2Miliar yang saya minta benar benar ada di tangan saya, semua utang saya lunas dan sisanya buat modal usaha, kata kata beliau yang selalu sy ingat setiap manusia bisa menjadi kaya, hanya saja terkadang mereka tidak tahu atau salah jalan. Banyak orang menganggap bahwa miskin dan kaya merupakan bagian dari takdir dari Tuhan. Takdir macam apa? Tuhan tidak akan memberikan takdir yang buruk terhadap kita, semua cobaan yang Tuhan berikan merupakan pembuktian seberapa kuat Anda bertahan di dalamnya. Tuhan tidak akan merubah nasib Anda jika Anda tidak berusaha untuk merubahnya. Dan satu hal yang perlu Anda ingat, “Jika Anda terlahir miskin itu bukan salah siapapun, namun jika Anda mati miskin itu merupakan salah Anda.” sy sangat berterimakasih banyak kepada AKI DIMAS PRAMONO dan jika anda ingin seperti saya silahkan Tlp AKI Di 0823-1291-0909 Atau Cek Di Situsnya/intetnet «KLIK DISINI» saya juga tidak lupa mengucap syukur kepada ALLAH karna melalui AKI saya Bisa sukses. Jadi kawan2 yg dalam kesusahan jg pernah putus asah, kalau sudah waktunya tuhan pasti kasi jalan asal anda mau berusaha, AKI DIMAS PRAMONO Banyak Dikenal Oleh Kalangan Pejabat, Pengusaha Dan Artis ternama Karna Beliau adalah guru spiritual terkenal di indonesia.

    PENARIKAN UANG MELALUI GAIB

    BalasHapus

 
Support : Game Gratis | Grendong Blog
Copyright © 2013. Ter-di Dunia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger