Home » » Seni Ukir Wajah Manusia dari Bonggol Bambu

Seni Ukir Wajah Manusia dari Bonggol Bambu

Written By Grendong Grandong on Rabu, 10 Juli 2013 | 22.08


Selama 7 tahun terakhir, seniman Vietnam, Huynh Phuong Do, telah mengukir dewa-dewa Budha dan tokoh sejarah pada bonggol dan akar bambu. Berkat karya ukirannya yang begitu indah itu, namanya menjadi terkenal.

Huynh Phuong Do mulai mengukir kayu sejak umur 15 tahun secara tidak sengaja. Tinggal di Hoi An - yang dikenal sebagai Desa Bambu Vietnam, sulit baginya menjadi menonjol antara perajin dan pemahat lain. Tapi suatu hari, 7 tahun lalu, banjir di hulu Sungai Thu Bon membawa tunggul-tunggul bambu ke bantaran kali di depan rumahnya.

Serpihan-serpihan bongol kayu itu menggerakkan pikirannya, dan ia mengambil beberapa bonggol bambu dan mengukirnya. Itulah awal dari bisnisnya yang sukses. Kini Hunh Phuong Do memiliki showroom sendiri, dan hasil karyanya bisa ditemukan di lebih 20 toko suvenir di Hoi An.

Ia menghabiskan sepanjang harinya untuk merenungkan bambu-bambu itu, dan memikirkan cara untuk memberi penampakan wajah yang realistis pada bambu-bambu itu. Ia mampu membuat 200-300 potong patung wajah dari bambu memenuhi permintaan dari wisatawan setempat.

Selain wajah Bodhidarma, Lohan, Guanyu atau Zhang fei, ia juga mampu mengukir wajah pembelinya pada bonggol bambu.

sumber : Tabengan Koran
Komentar lewat Facebook
Share this article :

0 komentar:

Poskan Komentar

 
Support : Game Gratis | Grendong Blog
Copyright © 2013. Ter-di Dunia - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Mas Template
Proudly powered by Blogger